10 Cara Mempercepat Loading Blog

Selamat sore semua kali ini saya ingin membagikan Cara Mempercepat Loading pada blog. Loading pada saat membuka blog sangat berpengaruh pada kualitas blog, bayangkan jika pengunjung yang akhirnya tidak jadi mengunjungi blog anda hanya karena blog anda yang terlalu lama memunculkan sebuah halaman, tentu akan membuat pengunjungtidak betah berada di blog anda, akhirnya pengunjung akan mencari artikel pada blog yang lain.

Dengan mempercepat loading blog, blog anda akan menjadi nyaman,untuk dikunjungi dan akan membuat pengunjung tetap atau betah berada di blog anda tentunya, dengan begitu page views pada blogger anda akan meningkat dengan sendirinya. Sebenarnya mempercepat loading blogcukup muda dan tidak terlalu sulit, biasanya kesalahan blogger pemula adalah memasang widget yang terlalu banyak sehingga membuat blog tersebut menjadi lola alias loading lama.

1. Kurangi Widget Blog Yang Tidak Diperlukan

Nah inilah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh blogger pemula, mereka terlalu sibuk untuk mempercantik tampilan blog mereka tanpa memperdulikan dampak negatif pada bloggernya, biasanya dampak negatif tersebut akan membuat blogger menjadi berat sekaligus loading blog menjadi sangat lama. Nah dengan mengurangi beberapa widget yang tidak diperlukan, blog anda akan menjadi lebih ringan sekaligus loading menjadi lebih cepat dari sebelumnya.
walaupun blog anda memiliki isinya artikel menarik, tapi kalau blog anda sangat lemot pengunjung pun lama kelamaan tidak betah untuk mengunjungi blog anda.

2. Hilangkan Script Yang Tidak Diperlukan

Ini hampir sama dengan yang pertama, tapi ini bukan widget melainkan script. Script biasanya tersimpan di HTML blogger. Script yang seperti CSS, HTML, Javascript, dll, anda bisa menghapus script yang sekiranya tidak anda digunakan, dengan seperti itu blogger anda akan menjadi lebih ringan. Ingat jangan sembarangan untuk menghapus karena jika ands salah menghapus akan malah membuat blog anda menjadi berantakan.

3. Memasang Lazy Load Pada Blogger

Lazy Load adalah sebuah script yang akan membuat blog anda menjadi lebih cepat,lazyload akan membuat gambar pada blog anda menjadi tidak terload jika belum di scroll ke gambar tersebut, dengan begitu blog andat akan menjadi lebih cepat, karena menghilangkan loading gambar yang membuat blog anda menjadi lemot untuk dibuka
Untuk memasangnya sangat mudah anda bisa copy kode di bawah ini tepat di atas kode </head>
Script tersebut bisa saja malah memperlambat blog anda jika template blog anda tidak cocok dengan script tersebut, maka blog anda malah bisa menjadi tambah lambat, untuk itu silahkan sobat coba, jika script di atas membuat blog anda menjadi lebih lama, silahkan anda hapus kembali script tersebut.

4. Kurangi Jumlah Postingan Per-halaman

Biasanya hal ini bisa memperlambat halaman homepage anda, karena jumlah postingan yang terlalu banyak untuk ditampilkan, usahakan jumlah postingan perhalaman tidak terlalu banyak, saya sarankan untuk menggunakan maksimal 5 postingan saja per halaman untuk mengurangi jumlah postingan anda bisa mengikuticara berikut pada dashboard  blogger pilih  Setelan selanjutnya pilih Pos Dan Komentar.

5. Gunakan Background Blog Yang Polos

Jika ingin memasang background lebih baik anda memasang background polos karena seandainya anda memasang background gambar yang pasi juga dibutuhkan gambar dengan resolusi yang baik agar background tidak pecah waktu dipasang nah hal ini juga bisa mempengaruhi loading dari blog anda. Jadi saya sarankan untuk menggunakan background yang polos seperti warna putih atau hitam saja.

6. Kecilkan Ukuran Gambar

Biasanya gambar yang berukuran besar akan mebuat loading pada blog anda menjadi lemot, anda bisa mengurangi ukuran gambar menjadi lebih kecil dengan cara mengurangi size gambar contohnya: 300px x 300px menjadi 100px x 100px, dengan cara begitu gambar tersebut akan menjadi lebih cepat untuk di muat begitu membuka halaman. 
Selain itu juga  andat bisa mengcompress terlebih dahulu gambar anda sebelum diupload,untuk mengkompres gambar anda bisa kesini http://compresspng.com/ ataupun menggunakan aplikasi-aplikasi kompress lainnya.

7. Simpan Kode Js Di Atas Kode </body>

Kode javascript adalah kode yang berbeda dari CSS, kode javascript akan  dapat berkerja dengan baik jika JS disimpan di atas kode </body> karena browser tidak akan menload/memuat kode JS tersebut bila content tidak terload/muat terlebih dahulu. anda bisa memindahkan kode JS tersebut di Edit HTML blogger.

8. Kurangi Pemasangan Iklan

Pemasangan iklan pada blog yang berlebihan juga bisa membuat blog anda menjadi lebih lemot. Sudah banyak sekali contohnya terutama blog-blog film yang biasanya sangat banyak sekali iklannya, bikin males bangetbuat bukanya. Walaupunhal ini menguntungkan bagi anda, tetapi jika anda terlalu banyak memasang iklan pengunjung malah akan menjadi  malas  mengunjungi blog anda karena iklan yang mengganggu artiket yang ingin dibaca oleh pengunjung, jadi saran saya letakan iklan secukupnya saja.


9. Simpan Script Pada Satu Hosting

Nah biasanya script akan di upload pada hosting biar tidak terlalu berat, namun jika anda memasanganya pada hosting-hosting yang berbeda, maka akan membuat blog anda malah bisa menjadi lebih lambat, jika bisa sih anda jadikan file .JS tersebut menjadi satu tempat agar loading menjadi lebih cepat dan blog menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

10. Gunakan Template Yang Ringan Dan SEO

Nah ini salh satu yang paling berpengaruh terhadap loading pada blog anda. Gunakanlah template blog yang ringan jika anda ingin mempercepat loading pada blog anda. Sudah banyak template yang bertebaran di internet baik yang gratis ataupun berbayar, anda bisa memilih template yang cepat dan ringan dengan cara melihat terlebih dahulu demo pada template tersebut. 
Jika demo template tersebut cepat maka anda bisa menggunakan template atau sobat bisa memasangnya pada blog anda biar blog anda menjadi cepat untuk ditampilkan, ini adalah cara yang paling mudah jika anda tidak bisa mengikuti langkah-langkah sebelumnya tadi.

Nah, itu tadi cara untuk 10 cara untuk Mempercepat Loading pada Blog. Semoga tips ini bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengukur Panjang Garis yang Melengkung pada Autocad

SWEET FX VERY LOW SPEK PES 2017

SweetFX full HD For PES 2017